Perang Bikin Susah! Sri Mulyani Sebut Banyak Negara Menderita

Jakarta, CNBC Indonesia РMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan situasi dunia amat berat karena perang dan tingginya tensi geopolitik di berbagai kawasan. Banyak negara alami kejatuhan secara ekonomi hingga ke level resesi.

“Banyak negara terutama di dalam pusaran geopolitik dan perang jelas mengalami kondisi tidak mudah,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita di Gedung Djuanda, Kementerian Keuangan, Selasa (2/1/2024)

Setahun terakhir, perang terjadi antar Rusia dan Ukraina. Kemudian Israel dan Hammas. Kedua perang tersebut memberikan dampak langsung dan tidak langsung bagi dunia dan negara-negara di sekitarnya. Salah satunya dari harga energi dan komoditas.

Beberapa negara di Eropa terpaksa alami kejatuhan ekonomi karena tidak mampu menahan lonjakan harga dan mendorong terjadinya inflasi tinggi. Antara lain Jerman, Prancis, Italia dan Inggris.

“Negara emerging seperti Turki Argentina masih struggle dari sisi stabilisasi harga dan coba recovery ekonomi,” jelasnya.

Indonesia sendiri, kata Sri Mulyani cukup mampu menahan tekanan yang bersumber dari perang. Bahkan lonjakan harga komoditas bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga ekonomi terjaga tumbuh sekitar 5% dalam delapan kuartal beruntun.

“Kita lihat Indonesia dengan pertumbuhan kaurtal I,II, III selalu di atas 5% menujukkan daya tahan dan kedua level kinerja yang jauh lebih baik dibanding banyak negara lain,” tegas Sri Mulyani. https://surinamecop.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*