BEI Targetkan Total 1.000 Emiten di 2024, UMKM Didorong

Jakarta, CNBC Indonesia РBursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan untuk mencatatkan 1.000 emiten baru di tahun 2024 untuk mendorong kapitalisasi pasar di pasar saham Indonesia.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Irvan Susandy mengatakan, pertambahan emiten akan berdampak pada kapitalisasi pasar yang lebih besar.

“Paling dekat 1.000 emiten dulu ah, kapitalisasi akan naik kalau emien lebh banyak, perusahaan bagus masuk fund raise makin banyak. 1000 emitennya mudah-mudahan tahun ini,” ungkap Irvan saat ditemui di Jakarta, Selasa, (2/1/2024).

Diketahui, pemerintah berharap pasar modal dapat dimanfaatkan oleh seluruh pihak, termasuk pemodal kecil dan UMKM, dan tidak terbatas oleh pemodal besar.

“Bursa tidak lagi eksklusif milik korporasi besar, tapi juga rumah pendanaan bagi usaha kecil dan menengah (UKM),” jelas Ma’ruf, dikutip Selasa (2/1/2024).

Untuk itu, BEI diminta tidak terjebak dalam zona nyaman, tapi membuat terobosan agar UKM bisa memperoleh akses pembiayaan dari pasar modal.

Mengingatkan, Market capital (market cap) bursa sebesar 46% dari PDB, dibanding negara ASEAN tertentu yang sudah sampai 100% lebih. Begitu juga jumlah SID yang baru 46% dari penduduk produktif. https://katasungokong.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*