Paling Cuan! Investasi Ini Kinerjanya 10% Setahun

Jakarta, CNBC Indonesia РBicara soal reksa dana mana yang paling cuan dalam setahun, maka jawabannya adalah reksa dana pendapatan tetap. Hal itu ditunjukkan dari indeks reksa dana pendapatan tetap yang kinerjanya tumbuh 5,46%.

Berdasarkan data Edvisor.id, masih banyak reksa dana pendapatan tetap yang kinerja tahunannya di atas indeks acuan. Adapun yang duduk di posisi utama memiliki kinerja 10,4%.

Jika dilihat secara jangka panjang, reksa dana ini juga menghasilkan kinerja yang cukup apik. Alhasil, reksa dana pendapatan tetap tentu bisa menjadi alternatif investasi bagi mereka yang memiliki profil risiko moderat dan konservatif.

Adapun penyebab dari meningkatnya kinerja reksa dana pendapatan tetap tentu dipengaruhi oleh pergerakan surat berharga negara (SBN) yang menjadi underlying reksa dana tersebut.

Bicara soal underlying reksa dana pendapatan tetap, reksa dana yang satu ini dibagi menjadi dua jenis. Pertama adalah yang sebagian besar isi portofolionya berisi SBSN atau SBN, dan yang sebagian besar berisi obligasi atau sukuk korporasi.

Fluktuasi nilai reksa dana pendapatan tetap berbasis SBN atau SBSN umumnya terlihat lebih tinggi lantaran SBN maupun SBSN cukup aktif ditransaksikan di pasar sekunder. Meski demikian, kedua surat berharga tersebut merupakan instrumen yang bebas dari risiko gagal bayar.

Sementara itu, reksa dana pendapatan tetap berbasi surat utang korporasi akan terlihat lebih stabil lantaran perdagangan surat utang korporasi tidak seramai SBN maupun SBSN. https://terserahapapun.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*