Cerita Jokowi Mau Libur, Tapi Dapat Tugas di Hari Sabtu

Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan dirinya menghadiri Rapat Konsolidasi Nasional Kesiapan Pemilu 2024 walaupun dirinya bisa tidur di hari libur.

Jokowi mengatakan hal itu lantaran Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) memberitahunya untuk menghadiri konsolidasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini, Sabtu (30/12/2023).

“Ini sebetulnya hari Sabtu kemarin dari daerah saya. Mestinya bisa tidur libur. Tapi kemarin saya di beri tahu oleh Mensetneg ‘besok ada Konsolidasi KPU semua dari daerah provinsi kabupaten/kota hadir semuanya’,” ujar Jokowi dalam Rapat Konsolnas Kesiapan Pemilu di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (30/12/2023).

Dengan begitu, dirinya tetap menghadiri Rapat tersebut beserta peserta rapat lainnya yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia. “(Mensetneg mengatakan) jadi Bapak (Jokowi) harus hadir. Perintah Mensetneg seperti itu, jadi saya hadir pada pagi ini,” tambahnya.

Dalam rapat itu, Jokowi mengatakan bahwa KPU Pusat hingga KPU Daerah di seluruh Indonesia harus siap dalam menjalankan Pemilu 2024 yang jujur dan adil sehingga bisa dipercaya oleh masyarakat.

“Pemilu 2024 tinggal 45 hari. Waktunya sudah sangat dekat. Semuanya harus siap,” tegas dia.

Adapun Jokowi mengungkapkan Pemilu 2024 mendatang akan sangat kompleks. Hal itu lantaran momen Pemilu 2024 dilakukan secara serentak baik untuk pilpres, DPR, DPD, DPRD Provinsi Kabupaten dan Kota.

“Dan melibatkan angka terakhir yang saya terima 204.807.222 orang, di 38 provinsi 514 kab/kota, 7277 kecamatan, 83.771 desa, melibatkan 18 partai politik nasional dan 6 partai lokal Aceh. Kita bisa bayangkan betapa sangat kompleks Pemilu kita ini. Sangat kompleks sekali,” tandasnya.

Namun begitu, Orang No. 1 RI itu mengatakan Pemilu serentak yang dilakukan tersebut merupakan perintah Undang-undang yang harus dijalankan.

“Sehingga kita harus pastikan tata kelola baik, kesiapan petugas juga harus baik, ketersediaan logistik juga harus baik, distribusi logistik harus baik, dan kesiapan sistem dan teknologi harus baik. Jangan sampai ada yang tercecer satupun semua harus baik,” tegasnya. https://tehopeng.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*